grotonoldehomedays

Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Soda kue dan baking powder merupakan dua bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Meskipun keduanya memiliki peran yang mirip dalam proses pengembangan adonan kue, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Soda kue, atau yang juga dikenal dengan baking soda, merupakan bahan yang bersifat basa. Soda kue bekerja dengan cara bereaksi dengan bahan asam dalam adonan kue, seperti cuka atau susu asam, untuk menghasilkan gas karbon dioksida yang membantu adonan kue mengembang. Soda kue umumnya digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan-bahan asam, seperti kue kopi atau kue cokelat.

Sedangkan baking powder merupakan campuran antara soda kue dan asam tartar, sehingga baking powder bersifat netral. Baking powder sudah mengandung asam tartar di dalamnya, sehingga tidak memerlukan bahan asam tambahan untuk bereaksi. Baking powder umumnya digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam, seperti kue bolu atau kue kering.

Perbedaan lain antara soda kue dan baking powder adalah dalam hal kekuatan mengembangkan adonan kue. Soda kue cenderung lebih kuat dalam mengembangkan adonan kue, sehingga dapat memberikan hasil kue yang lebih mengembang dan berpori. Sedangkan baking powder cenderung memberikan hasil kue yang lebih padat dan kompak.

Dalam pemilihan antara soda kue dan baking powder, sebaiknya mengikuti resep yang digunakan. Jika resep kue mengandung bahan asam, seperti cuka atau susu asam, maka soda kue merupakan pilihan yang lebih tepat. Namun jika resep kue tidak mengandung bahan asam, maka baking powder adalah pilihan yang lebih cocok.

Dengan memahami perbedaan antara soda kue dan baking powder, diharapkan dapat membantu dalam memilih bahan yang tepat untuk membuat kue yang lezat dan mengembang. Selamat mencoba!