grotonoldehomedays

Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Ketika berbicara tentang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, banyak orang sering kali bingung antara sunscreen dan sunblock. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Sunscreen biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehingga kulit tidak terbakar. Sementara sunblock biasanya mengandung bahan mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida yang bekerja dengan cara mencerminkan sinar UV sehingga tidak menembus ke dalam kulit.

Perbedaan lainnya adalah dalam tekstur dan tahan lama. Sunscreen cenderung lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan sehari-hari dan saat beraktivitas di luar ruangan. Sementara sunblock memiliki tekstur yang lebih tebal dan biasanya meninggalkan lapisan putih di kulit, sehingga lebih cocok digunakan saat berada di pantai atau saat berolahraga di bawah sinar matahari langsung.

Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jika kulit Anda sensitif atau rentan terbakar, mungkin sunblock adalah pilihan yang lebih baik. Namun jika Anda menginginkan perlindungan sehari-hari yang ringan dan tidak lengket, mungkin sunscreen adalah pilihan yang lebih tepat.

Jadi, jangan sampai salah pilih antara sunscreen dan sunblock. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda agar mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar UV yang berbahaya. Selalu ingat untuk selalu menggunakan produk dengan SPF minimal 30 dan mengaplikasikannya secara rutin setiap dua jam sekali untuk hasil yang optimal.