grotonoldehomedays

Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Kokedama adalah seni tanaman hias yang berasal dari Jepang dan semakin populer di Indonesia. Salah satu tempat di Indonesia yang menawarkan pengalaman menarik dalam mengenal Kokedama adalah Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas merupakan taman botani yang terletak di kaki Gunung Gede, Jawa Barat. Di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman hias dan koleksi tanaman langka yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung. Salah satu hal menarik yang dapat ditemui di Kebun Raya Cibodas adalah seni tanaman hias Jepang, Kokedama.

Kokedama merupakan teknik menanam tanaman yang berasal dari Jepang. Tanaman diletakkan di dalam bola tanah yang dibungkus dengan lumut atau serat kelapa. Teknik ini menciptakan tampilan yang unik dan artistik, serta memberikan kesan alami bagi tanaman yang ditanam di dalamnya.

Di Kebun Raya Cibodas, pengunjung dapat belajar cara membuat Kokedama dengan mengikuti workshop yang diselenggarakan secara rutin. Workshop ini akan mengajarkan langkah-langkah pembuatan Kokedama mulai dari memilih tanaman yang cocok, membuat bola tanah, hingga merawat Kokedama agar tetap sehat dan indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli Kokedama yang sudah jadi sebagai suvenir atau hiasan untuk rumah. Kokedama yang dijual di Kebun Raya Cibodas memiliki berbagai pilihan tanaman, mulai dari tanaman hias kecil hingga tanaman kaktus yang unik.

Dengan mengenal Kokedama, pengunjung dapat belajar tentang seni tanaman hias Jepang dan mengapresiasi keindahan alam melalui tanaman. Jadi, jika Anda ingin merasakan pengalaman baru dalam dunia tanaman hias, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas dan mengenal Kokedama lebih jauh.