grotonoldehomedays

Kemenparekraf: Revitalisasi Pasar Baru dapat mendongkrak perekonomian

Pasar Baru merupakan salah satu pasar tradisional yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Pasar ini terkenal sebagai pusat perdagangan yang ramai dan menjadi destinasi belanja yang populer di Jakarta. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Pasar Baru mengalami penurunan minat dari masyarakat dan kurangnya perhatian dari pemerintah dalam hal pemeliharaan dan pengembangan.

Untuk memulihkan kejayaan Pasar Baru, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan revitalisasi pasar ini. Revitalisasi ini bertujuan untuk mengembalikan kejayaan Pasar Baru sebagai destinasi belanja yang menarik dan memperkuat perekonomian lokal.

Salah satu langkah yang dilakukan dalam revitalisasi Pasar Baru adalah perbaikan infrastruktur pasar, termasuk penataan kios-kios pedagang, peningkatan kebersihan pasar, dan penambahan fasilitas umum seperti toilet dan tempat istirahat. Selain itu, Kemenparekraf juga melakukan promosi pasar melalui media sosial dan kampanye pemasaran untuk menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Pasar Baru.

Dengan adanya revitalisasi Pasar Baru, diharapkan pasar ini dapat kembali menjadi pusat perdagangan yang ramai dan menjadi destinasi belanja yang populer di Jakarta. Hal ini akan berdampak positif pada perekonomian lokal, karena semakin banyaknya wisatawan dan pengunjung yang datang ke Pasar Baru akan meningkatkan penjualan para pedagang dan memperkuat perekonomian di sekitar pasar.

Revitalisasi Pasar Baru juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha di sekitar pasar, seperti pengusaha hotel, restoran, dan toko souvenir. Dengan semakin ramainya Pasar Baru, maka permintaan akan berbagai produk dan jasa di sekitar pasar juga akan meningkat, sehingga membantu pertumbuhan usaha dan perekonomian di daerah tersebut.

Dengan adanya upaya revitalisasi Pasar Baru oleh Kemenparekraf, diharapkan pasar tradisional ini dapat kembali menjadi destinasi belanja yang menarik dan memperkuat perekonomian lokal. Selain itu, upaya ini juga dapat menjadi contoh bagi pasar-pasar tradisional lainnya di Indonesia untuk melakukan pembenahan dan pengembangan agar tetap relevan dan dapat bersaing dalam era perdagangan modern.