grotonoldehomedays

Kadinkes tekankan Jabar fokus cegah lahirnya anak stunting baru

Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) Jawa Barat, Dr. Berli Hamdani, menekankan pentingnya fokus dalam mencegah lahirnya anak-anak yang menderita stunting di provinsi Jawa Barat. Stunting adalah kondisi di mana pertumbuhan anak terhambat sehingga menyebabkan anak memiliki tubuh yang pendek dan kurang berkembang.

Menurut Dr. Berli Hamdani, stunting merupakan masalah serius yang perlu ditangani dengan serius. Stunting dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan dan perkembangan anak, termasuk masalah kesehatan kronis seperti obesitas, diabetes, dan gangguan kognitif.

Untuk itu, Kadinkes Jawa Barat mendorong semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk bekerja sama dalam mencegah lahirnya anak stunting di provinsi Jawa Barat. Upaya pencegahan stunting dapat dilakukan melalui program-program kesehatan ibu dan anak, pendidikan gizi, serta peningkatan akses terhadap makanan bergizi.

Selain itu, Dr. Berli Hamdani juga menekankan pentingnya peran keluarga dalam mencegah stunting. Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan nutrisi yang cukup dan seimbang bagi anak-anak mereka. Dengan memberikan asupan gizi yang cukup, maka dapat membantu mencegah terjadinya stunting pada anak.

Dengan adanya perhatian dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan dapat mengurangi angka kejadian stunting di Jawa Barat. Hal ini akan berdampak positif bagi generasi masa depan, karena anak-anak yang sehat dan berkembang dengan baik akan menjadi aset berharga bagi bangsa dan negara.